AccounTax Logo
news

Workshop Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Pamijahan

Rizka Ramayanti
#goestodesa#pamijahan#laporankeuangan#umkm#pajak#aplikasi

Pada tanggal 14 Agustus 2023, diadakan workshop mengenai pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Pamijahan serta pelatihan penggunaan aplikasi AccounTax kepada pelaku UMKM di Desa Pamijahan, Bogor. Acara ini bertemakan “Koperasi sebagai Wadah Pengembangan UMKM dan Digitalisasi Laporan Keuangan UMKM” yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN Tematik Kelompok 25 Universitas Trilogi.

Sosialisasi UMKM di Desa Pamijahan, Bogor

Acara dimulai dengan pemaparan materi dari Ibu Lely Dahlia, S.E., M.Ak membahas tentang “Koperasi sebagai Wadah Pengembangan UMKM. Topik selanjutnya adalah penyampaian tentang “Konsep Laporan Keuangan UMKM” oleh Ibu Novita, S.E.Ak., M.Ak., CA. Dalam materi ini Ibu Novita memberikan pemaham dasar dari penyusunan laporan keuangan bagi para pelaku UMKM desa Pamijahan. Lalu dilanjutkan dengan pembahasan tentang “Laporan Keuangan UMKM berbasis Aplikasi” yang disampaikan oleh Ibu Rizka Ramayanti, S.E., M.Si.Ak selaku co-founder AccounTax. Laporan keuangan UMKM berbasis aplikasi ini menggunakan aplikasi AccounTax, dimana model pelatihan dilakukan secara interaktif dengan para pelaku UMKM. Para pelaku UMKM dipandu untuk dapat memahami dan menggunakan fitur - fitur yang ada di dalam aplikasi AccounTax dan memperoleh manfaatnya dalam menyusun laporan keuangan UMKM.

Acara ini dihadiri oleh 55 peserta workshop, yang terdiri dari pedagang gorengan, penjual keripik singkong, pemilik warung bakso, hingga warung sembako, dan lain-lain. Berdasarkan hasil evaluasi dari peserta, mereka merasa puas dengan pelatihan yang diberikan dan mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat untuk pengembangan digitalisasi usaha mereka. Semangat dan antusias para peserta ini diharapkan dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu dalam membuat laporan keuangan UMKM berbasis digital dengan menggunakan aplikasi AccounTax.